GPS tracking kapal laut sebagai pemantau online posisi via data satelit

Filled under:

GPS tracking kapal laut atau sering disebut pula Marine Tracking belakangan ini sangat bermanfaat bagi perusahaan pelayaran yang ingin memantau posisi kapalnya di lautan luas yang tidak terjangkau oleh alat pendeteksi radio atau disebut Radar.

gps tracking kapal, gps tracking kapal laut, marine gps tracker, gps tracking sattelite

GPS tracking type ini berbeda dengan perangkat GPS tracking kendaraan darat yang menggunakan GSM/GPRS pada umumnya, namun data pengiriman alat tracker ini  menggunakan parameter data satelit seperti Inmarsat - Globalstar - Birru dengan model C. data satellite model C adalah data transmit satu arah dari perangkat GPS ke base station server.Disaat radio komunikasi tidak terjangkau maka perusahaan atau pemilik masih dapat mengetahui posisi melalui perangkat ini.

GPS tracking ini dapat membantu perusahaan atau pemilik kapal untuk mengetahui posisi kapalnya berupa lokasi bujur/lintang (long/lat) serta kecepatannya. GPS tracking kapal ini juga telah dilengkapi dengan fasilitas kedap air sehingga meskpun kapal karam akan dapat diketahui titik lokasinya namun tentunya dengan kedalaman tertentu.

Untuk mengetahui aktivitas kapalnya maka perusahaan atau pemilik tidak perlu di hadapkan dengan layar monitor selalu karena suatu aturan wajib bahwa perusahaan penyedia layanan / Vendor GPS tracking ini telah membekali data histori perjalanan yang dapat diunduh sewaktu-waktu oleh perusahaan atau pemilik kapal ke dalam jurnal laporan secara tertulis.

Sebagian besar GS tracking kapal ini disuplay power dengan batrai sehingga selain dapat dipasang ke kapal cargo, kapal penumpang, kapal tanker dan tug boat juga dapat diaplikasikan ke kapal tongkang, kapal kayu maupun kontainer yang memang tidak memiliki sistem kelistrikan.




2 komentar:

yudi mengatakan...

mau tanya apakah bisa mengetaui gps posisi kapal walau pun bukan sebagai pemilik tetapi sebagai penguna jasa untuk memastikan kapal sudah sandar atau belum yang inggi mengetahui lebih cepat , tanpa harus menghubungi pihak pelayaran terlebih dahulu .terimakasih

Oleh Redaksi mengatakan...

Dinana saya bisa beli dan berapa harganya..?